Jogo Margo

Jaga Marga

Apa Itu Jogo Margo ?

Pengertian.
Jaga Marga adalah istilah bagi sebuah pekerjaan dilapangan. Jaga Marga adalah sebuah padan kata yang diserap dari bahasa daerah (bahasa Jawa). Dari arti kata, maka "Jaga Marga" (baca: Jogo Margo| Jawa.red) adalah: 
  • "Jaga" berarti Menjaga dan "Marga" berarti Jalan, maka maknanya adalah Menjaga Jalan. Namun tidak bermakna naif seperti itu. Karena Jaga Marga dimaksud adalah aktivitas untuk memelihara fungsi jalan agar sesuai dengan peruntukannya yaitu jalan sebagai ruang lalu lintas. 

Jaga Marga dalam istilah Jawa adalah mandat untuk melaksanakan pengawasan dan pembinaan kepada masyarakat akan ketaatan terhadap peraturan lalu lintas.

Petugas Jaga Marga.
Jaga Marga ini lebih indentik sebagai nomenklatur jenis pekerjaan yang dipergunakan oleh pemerintah daerah khususnya daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja). Hal ini mengingat pekerjaan Jaga Marga adalah nomenklatur jenis pekerjaan yang tercantum dalam perencanaan kegiatan pemerintah daerah memfasilitasi pelayanan kepada masyarakat akan layanan pariwisata dengan lalu lintas yang ramah wisata.
Aspek lokal.
Mengapa jenis pekerjaan ini diberikan istilah Jaga Marga? 

Hal ini tentunya tidak lepas dari Jogja identik dengan budaya kraton yang melekat dihati masyarakat nya, sehingga istilah/nama pekerjaan lebih kental dengan nama jabatan dalam struktur Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Kraton Jogja). Dalam struktur Kraton Jogja ada nama jabatan yang memiliki peran dan fungsi untuk memelihara mekanisme, aturan dan sekaligus mengawasi. contoh diantaranya jabatan Jaga Karya yang bertugas melaksanakan pekerjaan pembinaan dan pengawasan para pekerja dan karyawan Kraton Jogja yang disebut abdi dalem. Latar belakang aspek lokal tersebut, maka diambil sebuah nama pekerjaan yang melekat dengan nuansa Kraton Jogja.

(c)www.jogjaloveJogja.blogspot.com

Postingan Populer