Candi Barong, menyeruak di puncak bukit.



Candi Barong. 
Candi Barong

Candi Barong adalah salah satu candi yang letaknya tidak jauh dari situs Kraton Boko, yaitu  kira-kira 300 meter ke arah timur dari Situs Kraton Boko. 
Letaknya di atas bukit kecil bernama bukit Batur Agung. Disana juga ada situs Dawangsari dan lainnya.Lokasi Candi Barong ini terletak di dusun Candisari, desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, di Kabupaten Sleman. 



Candi terdiri dari sepasang candi dengan ukuran lebih kurang 8 meter persegi dengan tinggi 9 meter.  Diawali dengan gerbang masuk candi atau mungkin berfungsi sebagai pintu candi didepan kedua candi tersebut.
Susunan candi ini di atas tanah berundak beberapa bangunan candi pada setiap terasnya. Candi Barong hanya terdapat sepasang atau dua buah candi untuk pemujaan dewa Wisnu dan dewi Sri dimana figure dewa ini melambangkan kesuburan.


Candi pertama berukuran 8,20 m x 8,20 m dengan tinggi 9,25 m, sedang candi kedua berukuran 8,25 m x 8,25 m dengan tinggi 9,25 m. Perbedaan antara keduanya terletak pada ragam hias dan arcanya. Candi Barong ada relief kala dan naga mirip seperti barong pada pintu masuknya adalah candi Hindu lainnya.





Menurut penjaga dan info yang berhasil diketahui, bahwa Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi Barong terakhir dipugar tahun 1992 yang dilanjutkan dengan pemugaran talud dan pagar.

Mungkin saja, jika menyaksikan kondisi dilokasi dan sekitar candi cenderung agak tandus karana jenis tanah yang kering dan pasir bercadas maka ditempatkan pemujaan terhadap dewa untuk kesuburan tanah mereka.
?..............................................................................................................................................?
  
Untuk para pembaca yang belum menjelajah kesana, bisa dan lebih mudah melalui rute dari timur pasar Prambanan ada jalan lurus menuju keselatan (ke bukit) sekitar 1,5km dari pasar prambanan. Disana jalan agak berkelok. Pada simpang pertama berbentuk "T" arah ke kanan menuju situs Kraton Boko.

Simpang pertama ke Candi Barong.

Ambil arah kekiri dan akan menjumpai simpang dengan 3 arah. Pada dua arah yang kiri dan tengah adalah menuju Candi Barong, sedangkan yang kanan menuju Kraton Boko tetapi masuk dari arah Pendopo Keputren (melintasi kampung penduduk). Untuk ke Candi barong , disarankan ambil jalur yang tengah karena lebih mudah dan lebih dekat. Oh ya, kesemua jalan tersebut masih menggunakan cor semen karena itu jalan masih tidak sempurna. Untuk kendaraan mobil agak susah, kecuali jenis Jeep. Silahkan mencoba. ! 

Oh ya, untuk menuju Candi Barong juga bisa dilalui pada jalur lain. 
Bila kita akan menuju ke Candi Ijo, maka akan ada jalan kecil sebagai jalan menuju ke Candi Barong. 
Sayang sekali pada jalan akses tersebut tidak ada petunjuk atau rambu petunjuk yang terpasang.
Pada jalan menuju Candi Ijo, setelah melewati suatu area tambang batu, maka kita akan menemui akses jalan kampung ini.
Akses jalan yang di sisi kiri dari jalan menuju candi Ijo 
sebagaimana terlihat pada gambar ini. 
(Kira 300 meter sebelum mencapai Candi Ijo, masuk dan ikuti saja jalan ini).

(c) www.jogjaloveJogja.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer