Asthenophia, tahukah anda?

Pernahkah Anda merasakan mata yang panas dan mungkin berair saat bekerja di depan layar komputer ? Mata adalah salah satu panca indera kita yang sangat berharga. Namun sejauh mana kita dapat menjaga kesehatan mata , maka kadang kita bekerja dihadapan komputer akan cenderung terkena Asthenophia.
Apakah itu Asthenophia?
Asthenophia adalah kelelahan mata akibat terlalu lama melihat sesuatu dalam jarak tertentu. Salah satunya adalah efek dari bekerja menghadap layar komputer/laptop yang dilakukan dalam waktu yang lama. Ini adalah efek dari pancaran radiasi sinar monitor komputer/laptop. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya secara medis karena umumnya layar monitor komputer telah dirancang dan diatur dengan resolusi rendah guna mengurangi bahaya efek samping/radiasi terhadap mata. Namun tidak ada salahnya apabila kita mengetahui tentang Asthenophia dengan sedikit menyorot dari sisi kesehatan dan tips pencegahan atau mengurangi efek sampingnya tersebut.
Asthenophia atau Mata Lelah adalah ketegangan mata yang umumnya akibat penggunaan mata yang berlebihan. Hal ini berakibat kelelahan pada otot extraokuli atau pada otot siliaris mata. Keluhan ini timbul akibat mata bekerja pada jarak dekat dalam waktu yang lama.
Gejala Asthenohpia antara lain :
  1. Mata lelah>  penglihatan yang tidak nyaman pada mata;
  2. Sakit di area mata > kelopak mata serasa berat dan mungkin timbul sakit kepala;
  3. Iritasi mata > mata merah, mata berair, terasa silau, mata terasa kering  dan kelopak mata terasa panas;  
  4. Vertigo > dapat terjadi sakit atau terasa berat pada bagian kepala;
  5. Diplopi > dapat terjadi penglihatan ganda;
  6. Gejala kelainan pada syaraf > terjadi mual, muntah, sering berkedip/mengkerut dan bahkan terjadi Migraine (sakit kepala sebagian/sebelah).
Tips untuk Mengurangi Gejala Asthenophia :

1)Mengatur tata letak perangkat kerja, antara lain :
  • Posisi komputer lebih rendah dari meja kerja.  Atau gunakan meja khusus yang standar dan nyaman digunakan untuk bekerja di depan komputer yang lama .
  • Posisi monitor lebih rendah dari posisi mata.  Sekarang diterapkan di banyak pelayanan umum seperti pada Bank, Rumah Sakit, dan lain-lain yaitu dengan meletakkan sedemikian rupa posisi monitor terlihat dibawah meja yang ditutup dengan kaca transparan.
  • Posisi layar/monitor menghadap mering keatas sedemikian rupa, agar pancaran cahaya layar tidak langsung lurus terhadap mata.
  • Posisi badan duduk diatur agar lebih nyaman dan tidak kaku akan membuat rileks sehingga mengurangi kelelahan. Atau dapat dikatakan memilih kursi yang dapat menyesuaikan anatomi tubuh (dapat diatur posisinya dan ada kelenturan nya)
 2) Pencahayaan
  • Atur cahaya pada meja kerja agar arah cahaya lampu menghadap serong kearah layar monitor. 
  • Hindari pantulan sinar/cahaya kedalam layar komputer.
  • Hindari pencahayaan dari arah belakang komputer (posisi mata menghadap cahaya lampu sangat tidak dianjurkan)
  • Pengurangan pencahayaan. Bila terlalu terang, maka dapat mengurangi lampu / mematikan sebagian lampu. Dapat pula menggunakan tambahan lampu duduk/lampu meja. 
3) Mengatur waktu bekerja dan waktu istirahat, khususnya untuk mata.
4) Periksakan mata > perlukah anda memakai kaca mata.
5) Jangan lupa gunakan tetes mata bila perlu.

Nah sekarang kita telah mengetahui nya. selanjutnya terserah anda, bagaimana menanggapinya. 
Demikian berbagi sedikit pengetahuan dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat.

Support to Ranger.

Komentar

Postingan Populer